Abstrak

 

Mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks hikayat merupakan kompetensi yang harus dicapai siswa kelas X. Berdasarkan hasil bservasi dan pengamatan selama mengajar Bahasa Indonesia, siswa kelas X di SMK N Karangpucung tahun pelajaran 2022/2023 banyak yang belum memenuhi KKM.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan kemampuan siswa kelas X SMK N Karangpucung tahun ajaran 2023/2024 dalam mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks hikayat.

Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N Karangpucung. Data kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dikumpulkan melalui tes menulis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap dalam mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks hikayat. Hasil perhitungan N-Gain kedua kelas menunjukkan perbedaan niali Ngain kelas eksprimen sebesar 0,86 katgori baik. Sedangkan hasil uji N-Gain kelas kontrol sebasar 0,65 kategori baik. Berdasarkan hasil analisis dan deskripsi data maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi dan menceritakan kembali teks hikayat pada siswa kelas X SMK N Karangpucung tahun ajaran 2023/2024.

 

Kata kunci : , Numbered Head Together (NHT), Identifikasi Nilai, Menceritakan Kembali Hikayat.

 

Artikel Tentang Hikayat Sri Lestari