Karangpucung – Cilacap : SMK Negeri Karangpucung gelar Wokrshop Update Teknologi Dunia Industri pada (3/11/22) di Ruang Meeting SMK Negeri Karangpucung diikuti oleh Guru Produktif SMK Negeri Karangpucung.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri Karangpucung Parwoto S.Pd M.Pd. Workshop ini diisi oleh Dicky Febrianto dari PT Bumen Redja Abadi (Mitsubishi Kebumen).

Dalam penyampaiannya perkembangan teknologi khususnya didunia otomotif sangat pesat. Pada saat ini, beberapa perusahaan menerapkan teknologi terhadap produknya dengan melengkapi berbagai teknologi baik itu di mesin, electrical, chasis, maupun kelengkapan accesoris pada produk yang sedang dibuat oleh perusahaan. Adanya berbagai tambahan fitur-fitur yang semakin hari semakin lengkap, kesemuanya Itu adalah keinginan dari konsumen itu sendiri, lalu dengan adanya masukan dari konsumen, perusahaan-perusahaan otomotif terus berlomba untuk dapat memberikan kepuasan konsumen sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dengan adanya fitur-fitur yang lengkap, tentunya produk yang dibuat oleh perusahaan akan lebih cepat laku, sehingga perputaran produk ang dibuat oleh perusahaan dapat berjalan dengan lancar.
Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan Otomotif di Indonesia khususnya Mitsubishi juga tidak ketinggalan, sama seperti perusahaan otomotif lainnya. Salah satu jenis mesin mobil diesel modern yang cukup populer terutama di Indonesia adalah mesin diesel commonrail. Mesin diesel commonrail dinilai memiliki tenaga yang cukup besar namun konsumsi bahan bakarnya bisa dikatakan irit dibandingkan dengan mesin diesel konvensional.
Mesin diesel commonrail merupakan jenis mesin diesel yang berteknologi, menggunakan perangkat elektrikal, dan kompresi tinggi jadi harus menggunakan solar cetane tinggi”. Untuk lebih jelasnya, sistem mesin diesel commonrail bekerja menggunakan beberapa sensor yang inputnya akan diterima oleh ECU mobil, seperti throttle body, injektor, putaran mesin, dan lainnya. Pembakaran di ruang mesin diesel commonrail menggunakan hasil kompresi sampai titik dimana kompresi tersebut mencapai titik bakar. “Untuk membantu pembakarannya tidak menggunakan busi, tetapi komponen yang ujungnya panas istilahnya busi pijar.
Selain itu mesin diesel commonrail sudah menggunakan pengabutan injeksi dari tekanan tinggi yang dihasilkan fuel pump ke rel (commonrail). Tekanan yang cukup tinggi inilah mengapa mesin diesel commonrail memerlukan bahan bakar solar kualitas tinggi. Sistem inilah mengapa bahan bakar di mesin diesel commonrail lebih efisien namun tenaganya lebih optimal.