Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi, (2) efektivitas model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK N Karangpucung dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini berupa penelitian eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N Karangpucung. Data kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dikumpulkan melalui tes menulis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Hasil perhitungan N-Gain kedua kelas menunjukkan perbedaan niali Ngain kelas eksprimen sebesar 0,67 katgori baik. Sedangkan hasil uji Ngain kelas kontrol sebasar 0,56 kategori sedang. Sehingga hasil belajar siswa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol menggunkan model Konvensional. Jadi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar, teks laporan hasil observasi.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL
Komentar Terbaru